pakem

pakem

PAKEM adalah singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya mempertanyakan dan mengemukakan gagasan.

Activ learning

Proses belajar dapat dikatakan active learning dengan mengandung:

  1. Komitmen

Berarti materi, metode dan strategi pembelajaran bermanfaat untuk siswa, sesuai dengan kebutuhan siswa dan bersifat pribadi.

  1. Tanggung jawab

Merupakan suatu proses belajar yang memberi wewenang pada siswa untuk kritis, guru lebih banyak mendengar daripada berbicara, menghormati ide-ide siswa, memberi pilihan dan memberi kesempatan pada siswa untuk memutuskan sendiri.

  1. Motivasi

Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, dengan lebih mengembangkan motivasi intrinsik siswa agar [proses belajar yang ditekuninya muncul berdasarkan, minat dan inisiatif siswa, bukan karena dorongan lingkungan atau orang lain. Motivasi belajar siswa akan meningkat karena ditunjang oleh pendekatan belajar yang dilakukan guru lebih dipusatkan pada siswa , guru tidak hanya menyuapi dan menunangkan dalam ember, tetapi menghidupkan api yang menerangi sekelilingnya, dan bersikap positif kepada siswa.

Active learning bisa dibangun oleh seorang guru yang gembira, tekun, dan setia pada tugasnya, bertanggung jawab, motivator yang bijak, berpikir positif, terbuka pada ide baru dan saran dari siswa atau orang tuanya/masyarakat, tiap hari energinya untuk siswa supaya belajar kreatif, selalu membimbing, seorang pendengar yang baik, memahami kebutuhan siswa secara individual, dan mengikuti perkembangan pengetahuan.

Pembelajaran kreatif

Pembelajaran kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan, mengimajikan, melakukan inovasi, dan melakukan hal-hal yang artistik lainnya.

  1. Aktif

Pembelajran model ini memungkinkan peserta didik berinteraksi secara aktif dengan lingkungan memanipulasi obyek-obyek yang ada di dalamnya dan mengamati pengaruh dari manipulasi obyek-obyek tersebut. Dalam hal ini guru pun terlibat secara aktif, baik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran.

  1. Kreatif

Ciri kedua pembelajaran model ini adalah kreatif. Maksudnya pembelajarannya membangun kreatifitas peserta didik dalam berinteraksi dengan blingkungan, bahan ajar, dan sesama peserta didik, utamanya dalam mengahadaapi tantangan atau tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam pembelajaran. Dalam hal ini, guru pun dituntut untuk kreatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran model pakem ini.

  1. Efektif

Ciri ketiga pembelajaran model ini adalah efektif. Maksudnya, dengan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, yang pada gilirannya dapat meninmgkatkan kualitas hasil belajar peserta didik.

  1. Menyenangkan

Ciri keempat pembelajaran model ini adalah menyenangkan. Maksudnya pembelajaran model pakem dirancang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam kaitan ini, Rose and Nicholl (2003) menyatakan bahwa pembelajaran yang menyenangkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Menciptakan lingkungan tanpa stress
  2. Menjamin bahwa bahan ajar itu relevan
  3. Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif
  4. Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.
  5. Menantang peserta didik untuk dapat berpikira jauh kedepan dan mengekspresikan apa yang sedang dipelajari dengan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk memahami bahan ajar.
  6. Mengkonsolidasikan bahan yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periode-periode yang relaks.

Agar pembelajaran dapat menyenangkan dan efektif perlu melibatkan pembelajaran multi-indera (Lihat Hernowo, 2005):

  1. Dengan membaca dan memvisualisasikan bahan ajar….berarti Anda telah melihat_____Visual
  2. Dengan memberi fakta kunci keras-keras, mengajukan pertanyaan, dan menjawabnya…berarti Anda telah mendengarnya ____Auditorial
  3. Dengan menuliskan poko masalah pada kartu dan menyusunya dalam urutan logis…berarti Anda telah melakukannya-à Kinestetik/Fisik.
  1. Manfaat PAKEM

Manfaat bagi anak  : belajar lebih efektif/mendalam, anak lebih kritis dan kreatif, suasana dan pengalaman belajar bervariasi, meningkatkan kematangan emosional/sosial, produktivitas siswa tinggi, siap menghadapi perubahan dan berpartisipasi dalam proses perubahan, berbasis lingkungan. Metode ini mampu melibatkan siswa secaran langsung dengan berbagai pengenalan terhadap lingkungan. Dengan demikian selama dalam proses pembelajaran akan mengajak siswa lebih aktif, inovatif, kreatif, dan menyenagkan.